Minggu, 22 Mei 2016

Sistem Belajar DI RGI

Sistem belajar di RGI sangat bagu. Mengapa saya bilang bagus ? Karena sistem belajar di sini kita dituntut untuk mandiri, tidak menharapkan ilmu hanya dari instruktur saja. Jadi setiap soal yang tidak kita mengerti, kita harus berusaha terlebih dahulu untuk mencari tahu jawabannya namun kalau belum juga mendapatkan jawabannya barulah tanya ke instruktur. 
Sistem pembelajarannya tidak beda jauh dengan anak kuliah, di sini masa pendidikan hanya 6 bulan saja. Selama 4 bulan kita belajar teori dan praktek, kemudian selama sebulan kita workshop dan 1 bulan lagi waktu untuk kita magang. Workshop dikerjakan selama 1 bulan, workshop ini hampir sama seperti menyusun Tugas Akhir/ Skripsi, kita membuat laporan kemudian kita presentasikan hasil workshop di hadapan instruktur penguji. Dalam mengerjakan workshop harus ada memilih mau buat apa dalam workshop, misalnya saya contohkan untuk Jurusan Aplikasi ada 2 pilihan dalam mengerjakan worlshop yaitu, Membuat Aplikasi Keuangan di MS. Excel atau Membuat Web (Web Sekolah ataupun Web E-commerce). Bedanya dengan anak kuliah adalah kalau anak kuliah mengerjakan Tugas Akhir sendiri tapi kalau di RGI perkelompok, setiap kelompok teridiri dari 2 ataupun 3 orang. 
Di RGI kita diajarin untuk berani berbicara di depan orang, menumbuhkan rasa percaya diri didalam diri kita. Eitss... tapi di sini kita tidak hanya belajar ilmu dunia saja lho tapi belajar ilmu akhirat juga. DI sini belajar ilmu Aqidah dan Fiqih, dan bahkan wajib di sini untuk dapat giliran kultum di depan anak-anak santri. Sehingga kita bisa belajar bagaimana publick speaking yang baik.


1 komentar:

  1. Assalamualaikum kak, saya sangat tertarik dengan RGI. Bisa sharing lebih banyak tentang RGI kak? makasih. wassalamualaikum warrahmatullahi wabbarakatuh

    BalasHapus