Jumat, 22 Januari 2016

Sahabat Dunia Akhirat

Assalamualaikum...
Sahabat yang di cintai Allah 

Kali ini saya akan sharing tentang Sahabat Dunia Akhirat
Apa itu sahabat dunia akhirat ?
Mungkinkah kita bisa menemukan seorang sahabat dunia akhirat ?

Ada yang perlu kamu ingat wahai sahabat ku ...
Sahabat dan teman itu berbeda. Semua orang tentu mempunyai banyak teman tetapi belum tentu banyak orang mempunyai sahabat. Apalagi mempunyai sahabat sejati dunia akhirat, subhanaallah sekali kalau kita mempunyai sahabat dunia akhirat. 

Nah,, apa sih bedanya teman dan sahabat ?
Saya kasih tahu sedikit tentang perbedaannya. Setiap orang pasti sudah mempunyai banyak teman. Tapi tidak semua teman bisa kita jadikan sahabat. Sahabat ialah seseorang yang selalu ada di kala kita lagi susah dan senang. Eitssss.... tidak hanya itu, ada yang harus kamu ketahui dalam memilih sahabat, carilah sahabat yang bisa menjaga rahasia, yang selalu menesahati dalam kebaikan dan kebenaran, ikhlas dalam menyayangi kita dan bisa membimbing kita menjadi orang yang lebih baik. Terutama yang selalu mengingatkan kita untuk tidak lupa beribadah kepada Allah. Subhanallah alangkah beruntungnya kita mempunyai seorang sahabat seperti itu di dalam kehidupan kita .

Hem.. bagaimana dengan teman ?
Hayoo,, pasti pada ngeles ya . Diantara kamu pasti ada yang bilang , ada kok teman yang seperti itu tapi kan tidak mesti di jadikan sahabat. Walah,,, jumpa teman seperti itu tidak kita dijadikan sahabat, kita akan termasuk orang yang merugi. Nah,, kalau ada teman sperti itu wajib itu kamu jadikan shabat di dalam kehidupan kamu, karena tidak semua teman kamu itu memiliki sifat seperti itu. Kalau teman itu, dia hanya sekedar berteman saja dengan kita dan tidak ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan kita. Terkadang juga teman-teman kita tidak peduli dengan kita dan yang lebih parahnya lagi mereka ingin menjerumskan kita ke hal-hal kemaksiatan yang membuat Allah jadi murka kepada kita.
Nauzubillah... Semoga Allah selalu melindungi dan mempertemukan kita dengan orang-orang soleh dan soleha. Amin..

Sahabat yang ku cintai .
Aku akan menceritakan pengalaman ku dalam penantian panjang untuk menemukan sahabat dunia akhirat. Isss,,,, agak sedikit lebay ya ,, tidak apa-apa kalau sedikit lebay. Tapi ini ceritaa fakta bukan fiksi ya. Awal pertemuan ku dengan seorang sahabat ketika aku berada di RGI Al-Azhar. Dari dulu aku tidak punya sahabat karena saya tipe orang yang tidak mudah percaya sama orang dan tidak mau orang lain mengetahui lebih dalam tentang pribadi saya lebih dalam. Tapi baru saya sadari kalau sebenernya saya membutuhkan seorang sahabat dalam kehidupan saya. Butuh waktu panjang dalam pencarian shabat dunia akhirat. Saya mempunyai banyak teman tapi tidak ada satupun diantara teman-teman ku yang bisa ku jadikan sahabat, Whyyyyyyy ... ????

Alasannya dalah karena teman yang ku miliki tidak memiliki prilaku yang seperti yang saya sebutkan tadi kepada teman-teman , yang kebanyakan adalah mengajak pada perbuatan yang tidak benar. Tapi sekarang ,, saya sudah menemukan sahabat sejati yang aku inginkan. Seseorang yang selalu bisa mengerti keadaan ku, menjaga rapat kerahasiaan, peduli akan masa depanku, selalu ada dikala aku membutuhkan, menesehati ketika aku khilaf dalam kesalahan dan selalu mengingatkan aku untuk terus beribadah mengingat Allah. Banyak hal yang kami lakukan ketika kami di asrama RGI, semua kami lakukan bersama-sama. Sejak pertemuan itu lah aku banyak belajar dengannya, bagaimana kita menyikapi hidup di dunia ini. Yang membuat aku sadar pentingnya kita belajar ilmu agama lebih banyak dan beribadah lebih rajin. 

Subhnaallah,, rasa syukur yang tidak bisa di ungkapan kata-kata, bisa dipertemukan sahabat yang seperti itu. Padahal kami tidak pernah berjumpa sebelumnya tapi dia sudah menyayangi ku seperti menganggap aku sudah seperti saudaranya sendiri. 

Wahai sahabat yang ku cintai.
Berhati-hati lah kamu dalam memilih sahabat. Terkadang sahabat yang kita pilih untuk menjadi sahabat untuk kita malah dia yang mengajak kita padahal yang tidak baik . Kamu harus pintar-pintar dalam bergaul dan memilih sahabat. Carilah sahabat yang mengajak kamu kepada kebaikan bukan mengajak kepada keburukan. Saya yakin pasti kamu semua ingin mempunyai sahabat dunia akhirat. Dalam masa pencarian kamu menemukan sahabat, kamu harus pandai memilih pergaulan. Pilihlah bergaul dengan orang-orang yang soleh dan soleha. Insya Allah kamu akan menemukan sahabat dunia akhirat. Jangan menyerah ya dalam pencarian sahabat dunia akhiratnya. Semoga kita dipertemukan sahabat di dunia dan dipertemukan kembali di akhirat. 

Salam Ukhuwah

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar